Selasa, 05 Oktober 2021

PERJALANAN MENUJU PERANTAUAN

Hallo temen-temen semua, setelah sekian lama gua ga nulis blog akhirnya kali ini gua post cerita baru. Padahal awalnya gua udah nantang diri gua sendiri buat bikin plan jadwal upload sebulan sekali, tapi nyatanya ga mudah. Konsisten di suatu hal yang udh direncanain memang ga semudah yang dibayangkan. Oyia sebelumnya gua mau bilang malasih dulu buat temen-temen yang udh nge-klick cerita di blog gue ini, gue harap kalian bisa enjoy baca ceritanya. So langsung aja kita lanjut ke ceritanya.

Berbeda dari hari biasanya. hari yang telah direncanakan pun akhirnya tiba, Iyaa hari ini gue berangat ke malang. Awanya sih ada rasa ragu buat mutusin berangkat ke malang, karena ada banyak pertimbangan yang harus gue pikirin lagi matang-matang, mulai dari nyari kos-kosan, cari tiket serta memenuhi segala persyaratannya, nyiapin packing barang-barang dan lain sebagainya. Disisi lain yang cukup jadi pertimbangan gue iitu ttg mampu engganya gue buat ninggalin segala fasilitas yang ada dirumah untuk pergi ke perantauan. Karena mau gimana lagi udah 20 tahun gue selalu hidup dalam rasa nyaman, semua yang gua butuhin pasti selalu ada dirumah, bakhan klo ada yang kurang pun tinggal beli aja itu gampang banget. pertimbangan terakhir yang paling berat bagi gue yaa karena harus ninggalin orang tua. Mereka satu-satunya tempat buat gue cerita entah hal yang penting atau engga, entah hal yang berbobot atau sekedar cerita receh, pokonya selama ini 80 persen hidup gua mereka yang mewarnai. Pasti nati bakal kangen banget sama mereka. Yahh nangis guee wkwk, yang bikin sedih lagi karena harus ninggalin bapa gue yang lagi sakit, tega banget ya lu matt! Ya mau gimana lagi? Yang pasti disini gue selalu doain yang terbaik buat bapa, gue selalu berdoa supaya mereka diberikan kesehatan seta semoga bisa jalani hari-hari seperti biasa walau tanpa gue. Sama sekalian aku juga mau minta maaf sama bapa ibu karena selama ini banyak ngerepotin kalian, mohon maaf juga karena pernah bikin kalian kecwa, mohon maaf karena sering gangguin rehan sampe bikin rumah jadi berisik ga karuan. Tapi seengaknya beberapa bulan kedepan hal-hal itu udah engga terjadi lagi karena aku udah merantau di malang, beberapa bulan kedepan juga aku engga ngerepotin kalian lagi. Pokonya makasih deh buat semua kenangan manis selama ini. hehehe

Yokk lanjut lagi keceritanya. Jadi setelah memikirkan bayak pertimbangain itu tadi, akhirnya gue mutusin untuk berangkat ke malang. Siang hari tepatnya Sabtu 25 September 202 pulul 12:25 WIB, gue diantar kelaurga untuk berangkat ke Stasiun Depok. Iya gua dianter sekeluarga, Bpa gue rela nganterin gue walaupun dalam keadaan sakit, salut banget deh. Singkat waktu sampailah di stasiun depok, disana gua dikasih beberapa pesan sebelum berangkat plus yang ga disangka-sangka ternyata ada uang saku tambahan buat gue hehe. FYI gue berangkat 3 jam lebih awal dari keberangkatan keretanya karena ini pertama kalinya gue parjalanan jauh pake kereta, Jadi untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi.

Gue ceritain lebih detail lagi yaa, jadi berangkat dari stasiun depok terus gue turun di Stasiun Gondangdia abis itu jalan sampe pintu utara, keselnya disini dengan bawaan yang berat banget gue harus naik turun tangga di setiap stasiunnya, klo diitung-itung udah ribuan kalori yang udah gue bakar buat sampe di stasiun ini. Nah abis dari stasiun gondangdia gue pesen grab car (karena bawaan gue banyak ditambah lagi karena ada diskon) gue diantar sampe stasiun Pasar Senen.

Nah sampe disini gue nanya sama petugasnya apa aja yang harus dilakuin sebelum naik kereta, setelah itu gue diarahkan untuk cetak tiketnya. Jadi beberapa waktu lalui itu gue udah pesen tiket lewat aplikasi tokoijo, dari situlah gua dapet barcode buat discan untuk cetak tiket di stasiun ini. Setelah itu harusnya gue test SWAB antigen dulu karena sebagai salah satu syarat untuk bisa naik keretanya, tapi berhubung waktu itu pas banget sama azan ashar jadi gue berangkat sholat dulu, disini gue nemuin hal yang unik karena setelah imamnya selesai salam bukannya mimpin doa malah ngiengtin makmumnya buat nyiapin barang-barangnya supaya ga ketinggalan di mushola itu, unik sih menurut gue mungkin karena saking banyaknya barang-barang yang ketinggalan disana hehe.

Setelah selesai gue antri buat SWAB antigen disini agak panik si, karena gua baru tau juga klo naek kereta ini butuh SWAB buat persyaratannya, dag-dig-dug jantung gue takut klo hasilnya reaktif karena klo itu terjadi gue gabisa berangkat, takut aja klo usaha yang udah gue lakuin ga ada hasilnya. Akhirnya dicoloklah idung gue ini diputer-puter sampe dalem, Perih sampe aer mata mau netes. Tapi yaa mau gimana lagi mungkin ini sudah takdirnya, abis itu gue nunggu kurang lebih 10 menitan buat  unnggu hasil SWABnya, syukur alhamdulillah hasilnya NEGATIF seneng banget sih akhirnya gue fix bisa berangkat.

Setelah itu gua antri buat masuk kreta, disana kita diharuskan untuk ngasih liat dokumen-dokumen persyaratan buat masuk, nah setelah pengecekan itu gue dipersilahkan buat masuk. Gue duduk di kereta Jayabaya kesekutif tepatnya di gerbong 1 kursi 4C, kesan pertama gue kursinya ini cukup nyamn sih karena jarak antara kursi depan dan belakang cukup buat bisa nyenderin kursi untuk posisi rebahan terbaik ditambah kursinya juga empuk dan tang terpenting deket sama colokan listrik. Akhirnya tepat pukul 16.45 kereta pun perhalan mulai meninggalkan stasiun, herannya gue disini karena gerbong 1 yang gue tempatin sekarang masih tertalu sepi, kurang lebih 30% dari kapasitas gerbongnya, entah mereka terlamat atau mungkin ngebatalin tiketnya gua juga ga tau.

Perjalanan pun dimulai, Rasa bosan perlahan mulai menghampiri. Disepanjang perjalanan gue coba untuk mendokumentasikan apa yang menarik buat gue, mulai dari stasiun transit di tiap-tiap kota sampe pemandangan sawah hijau yg udah jarang ditemui di kota asal. Gue mencoba dokumentasiin sebisa gue, tapi bosennya tetep masih ada jadi gue lanjut nonton beberapa list film yang udah gua download. Ga terasa setengah perjalanan udah ditempuh dan waktu memasuki tengah malam, akhirnya gue beres-beres dan bersiap untuk tidur.

Sebangunnya gue tiba-tiba udah sampe aja di stasiun surabaya, itu artinya tinggan 1 stasiun terakhir yaitu stasiun malang. Pagi itu disambut oleh sinar matahari yang perlahan muncul dari arah timur ditambah pemandangan alam yang hijau nan asri, Akhirnya sampailah gue di stasiun tujuan yang sekaligus menjadi stasiun pemberhentian terakhir (MALANG). Bangga mungkin itu satu-satunya kata yg mengabarkan kondisi gue saat ini. Gue bangga persiapan gue sejauh ini bisa terbayarkan, perjalanan dari barat hingga timur pulau jawa akhirnya dapat terselesaikan.

Makasih untuk temen-temen yang udah baca blog ini sampe habis. Untuk cerita gue mulai dari hari pertama samapi hari terakhir di MALANG akan gue upload diblog selanjutnya. See Yuu

Sabtu, 11 April 2020

TANGISKU BERAKHIR DENGAN KABAR GEMBIRA

Hari ini sabtu, 11 April 20 20. Sebenernya gua udh kepikiran buat nulis di blog ini dari beberapa minggu yang lalu tepatnya setelah pengumuman seleksi SNMPN. Pagi itu gua melakukan semuanya seperti biasa ;bangun pagi, chek hp, ngecas hp, kekamar mandi, sholat subuh lanjut beres beres rumah. Semua berjalan normal seperti yang biasa gua lakukan selama ini yaitu program “di rumah aja” untuk mendukung pemerintah dalam memutuskan rantai penyebaran virus corona. Menurut gua program ini bagus banget dan efektif juga untuk memperlambat penyebaran virus corona, kenapa? Karena virus ini gampang banget berpindah dari satu manusia ke manusia lainnya salah satunya dengan sentuhan telapak tangan, jika orang yang berjabat tangan dengan orang yang sudah positif terkena virus ini tidak sengaja menyentuh wajahnya atau mengelap matanya maka virus ini dapat dengan mudah masuk ke tubuh orang itu.

Ya pokoknya gampang menyebar deh, buktinya hingga hari ini menurut data SIG Covid-19 sudah ada 1.698.271 orang di belahan dunia yang sudah dikonfirmasi terkena virus corona, 376.669 orang diantaranya sudah sembuh dan 102.764 orang dinyatakan meninggal dunia. Jika sekarang kita melihat ke Indonesia sudah ada 3.512 orang yang dinyatakan postif yerkena virus corona, 282 oarang sembuh dan 306 oarang yang dinyatakan meninggal dunia.

ini nih ngeselin bgt kan, ga mikirin gimana nasip anak kos.

Dari adanya wabah ini banyak banget fenomena social yang terjadi terutama di Indonesia, gua kesel bgt sama orang-orang yang belanja banyak “panic buying” yang banyak dilakukan oleh masyarakan Indonesia umumnya masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas. Gua ngeliat banyak banget di postingan Instagram yang isinya orang-orang yang belanja banyak buat persiapan menghadapi virus ini, tapi gila aja ya belanjanya ga kiria-kira udah kaya persiapan buat berbulan-bulan, apa lagi yang dibeli itu indomie (makanan sejuta umat) semuanya diborong ga mikirin klo orang lain juga perlu, terutama buat orang-orang yang berpenghasilannya harian, yang klo hari itu di aga kerja ya hari itu juga dia ga makan, gua kasih contoh, tukang ojek, tukang parkir, penjual siomay, penjual batagor, penjual cilok, penjual lumbas, pokonya semuanya yang ada di depan pintu gerbang sekolah gua pas lagi jam pulang sekolah dah, mereka itu orang-orang yang berpenghasilan harian. Toh gua yakin juga orang-orang yang udah belanja banyak juga tetep masih keluar rumah karena kebutuhan manusia ada banyak jenisnya yang penting gunain sesuai porsinya jangan kebanyakan nanti malah mubazir loh.

Jumat, 13 September 2019

Teks Cerita Sejarah Pribadi

PELAJAR YANG HAUS AKAN PENGALAMAN

Namaku Rahmat Ramadhan, aku biasa dipanggil dengan sebutan Rahmat, aku anak pertama dari tiga bersaudara. Aku dilahirkan pada desember 2001 oleh keluarga sederhana. Dengan penuh kasih sayang kedua orangtuaku membesarkan dan mennidikku dingga saat ini. Sekarang aku bersekolah di SMAN 4 Depok. banyak hal-hal sudah yang kuhadapi, Sebelum aku menemukan berbagai kebahagian dalam hidupku, jika ada orang yang mengatakan bahwa kehidupanku selalu indah maka mereka salah.
            Pada tahun 2006, aku masuk ke taman kanak-kanak. Sebenarnya, aku belum ingin bersekolah tetapi orang tuaku menyuruhku untuk sekolah dengan alasan agar aku dapat mulai mengenal lingkungan, akhirnya aku pun setuju karena di dalam pikiranku sekolah taman kanak-kanak cukup menyenangkan. Namun setelah kujalani, taman kanak-kanak tidak seperti yang ku pikirkan. Banyak hal yang menjengkelkan, mulai dari teman-teman yang tidak asyik hingga pelajaran yang tidak ku sukai.
            Setelah tamat dari taman kanak-kanak pada tahun 2008, aku memasuki sekolah baruku yaitu MI An-nizhomiyah. Aku mengira, kehidupanku di Sekolah Dasar sama dengan kehidupanku di taman kanak-kanak, namun ternyata pikiranku salah. Di Sekolah Dasar aku menemukan kehidupan baru, di sana aku banyak menemukan teman-teman yang membuat kesendirianku terhapuskan. Di sekolah dasar aku mulai belajar bagaimana caranya bergaul dan berinteraksi dengan lingkungan. Setiap hari kulalui dengan bermain dan bercanda bersama teman-teman ku, di situlah aku merasakan indahnya kehidupan.

Banyak sekali kejadian-kejadian unik semasa kehidupan ku di sekolah dasar, salah satunya yang paling berkeasn adalah saat hari ketika sekolah mengadakan suntik imunisasi, saat itu yang kupikirkan hanyalah rasa takut akan betapa sakitnya ketika sebatang jarum yang tajam masuk kedalam tangan ku. Badan ku terasa panas dingan karena ketakutan menunggu namaku dipanggil untuk masuk keruangan imunisasi. Beberapa saat kemudian namaku disebutkan, akan tetapi bukannya masuk, aku malah berlalri terbirit-birit menjauh dari ruangan itu.

Rabu, 08 Maret 2017

Terjatuh Dari Cinta

“Fel, lo kenapa sih dari tadi mondar-mandir kayak kura-kura kehilangan anak?,” tanya Riska saat ia merasa teganggu selera makannya karena ulah Felly.
“Tahu nih anak! Ayan lu kambuh? Duduk kenapa? Makan tuh mie. Nggak ngenakin orang makan tahu nggak lo!,” lanjut Billy dengan protesnya.
Tinggal Bram yang tidak berkomentar. Ia tetap melanjutkan makan siangnya. Tanpa berkata atau sekedar melihat tingkah Felly, Bram begitu menikmati makanan siangnya. Billy yang terus mengoceh dan Riska yang terus marah-marah tetap dihiraukan oleh Felly.
“Kualat lo habis nyiksa anak-anak kemaren, Fel!,” ucap Bram setelah ia menikmati makanan siangnya.

Sekeping Memori

Senja lenyap tergantikan malam. Rembulan hadir membawa sebilah rasa syahdu. Mengusir keriangan hingar bingar terangnya hari. Meninggalkan kesan. Menyambut sang mimpi.
Hany terpaku menatap wajah kekasihnya. Wajahnya merona seperti biasa. Tak sedikitpun terlihat gurat kesedihan di mata kucingnya. Ferly. Iya dia sumber segala kebahagiaan bagi Hany.
“Kenapa kok senyum-senyum terus? kangen?” Ferly membelai lembut rambut kepala gadisnya.
“Kalo iya emang kenapa?” Hany menyandarkan kepalanya di bahu sang kekasih. Menikmati keheningan malam bersama belahan jiwanya.

CERITA KETIKA HUJAN

Aku punya begitu banyak kisah yang lahir ketika musim hujan seperti sekarang . begitu banyak hampir saja aku tak pernah membuatnya menjadi sebuah cerpen. Sayang, aku bukanlah seorang cerpenis yang handal. Entah mengapa tangan ini ingin menulis sebuah kisah yang lama berlalu.
Adakah yang dengan senang hati membaca dan menikmati kisah ini. Kisah waktu aku SMA dulu waktu dimana awal mula ku berjumpa dirinya .dengan seorang gadis manis berlesung pipit di pipi kirinya serta rambutnya yang lurus hitam dan di biarkan tergerai melewati pundaknya.pernah juga aku mengalami yang namanya patah hati dan melampiaskannya dengan main di air hujan sampai aku kena panas yang lama sembuhnya dan masih banyak lagi.

Untukmu yang Selalu Ku Rindu, Untukmu yang Selalu Ku Tunggu

Aku yang selama ini selalu terabaikan, aku yang selama ini selalu berharap kelak kamu akan datang. Untuk kesekian kalinya aku berharap hal yang tak mungkin terjadi. Terhitung sudah sepuluh tahun aku memendam perasaan ini. Perasaan terabaikan, tersakiti, dan perasaan yang tak menentu. Aku tahu kamu sudah mengerti perasaanku ini bahkan kamu sudah tahu bahwa aku sudah lama menyukaimu, karena kita memang sudah bersahabat dari kecil. Terkadang aku bingung dengan diriku sendiri yang tak bisa melupakanmu yang tak bisa menerima orang lain singgah ke hati walau untuk sejenak.

Jumat, 02 September 2016

Kaulah Cinta Pertama dan Terakhirku

“Felly!!! Ada kiriman coklat dari penggemar nih!,” Seru Bram dengan juteknya.
“Ya udah, letakkin di situ aja!”
“Fel, lo hargain kenapa sih tuh penggemar?!,” Sahut Billy.
“Iya, nanti juga bakalan gue liat dari siapa. Udahlah, jangan urusin gue! Urusin aja bazz lo yang masih aburadul itu!”
“Tapi Fel, seenggaknya lo liat dulu dari siapa?!,” Sahut Bram.
“Percuma juga kalian ngerayu, dia juga bakalan terus begitu sebelum dia menyelesaikan untuk menulis lagu,” Jawab Riska dengan entengnya.
“Bram, lo urusin aja drum lo! Kemaren udah bagus, tinggal menyempurnakan aja. Fighting!”
“Daripada kalian debat, mending makan aja!,” Lanjut Deo dengan membuka bungkus coklat yang diberikan oleh penggemar kepada Felly.
Mereka adalah anggota band remaja yang memiliki ketenaran yang tidak bisa ditandingi di sekolah mereka sendiri maupun sekolah-sekolah lain. Mereka layaknya artis, hampir setiap hari dan dimanapun mereka berada, penggemar akan selau ada di sisinya. Mereka memiliki hati yang begitu lembut, tidak sombong, dan juga rendah hati di mata penggemar walaupun sikap Felly seakan tidak menghargai mereka.

Selasa, 30 Agustus 2016

Satu Untuk Mu

Jika ada yang lebih indah dari kata benci, aku ingin membencimu setulusnya.
Pekatnya malam yang dinginnya menusuk hingga ke jantungku membuatku sulit memejamkan mata. Di balik jendela ini hanya aku dan buku gambarku terpaku membunuh malam. Hingga aku tertidur lelap di antara gelap dan pekat berjelaga di langit-langit kamarku.
Kringgg! Kringgg!
“Viko! Bangun sayang ayo mandi! Kamu harus berangkat sekolah nak” seru mama yang sedang sibuk memasak nasi goreng untukku. Tanpa berlama-lama aku bergegas mandi dan bersiap-siap. Di bawah papa dan mama sudah menungguku.
“Pagi pa, ma!” ucapku.

Minggu, 24 Juli 2016

Kebahagiaan Sesaat

Namaku Regita chantika, dipanggil dengan sebutan Gita. Aku tinggal di Bandung. Aku sekolah di SMAN 2 Bandung dan duduk dibangku kelas 1. Aku lahir di Bandung pada tgl 12 desember.
Hari ini adalah hari pertamaku masuk sekolah di SMA. Hari ini aku mendapatkan sebuah tugas, karna belum mempunyai bukunya jadi aku harus meminjam ke perpustakaan. Di dalam perpustakaan aku pun segera mencari buku itu. Setelah bukunya kutemukan aku pun segera berlari kekelas. Baru sampai depan pintu perpus aku tertabrak oleh seorang laki-laki yang menyebabkan buku-buku yang ku bawa terjatuh semua. Laki-laki itu meminta maaf padaku sambil membantuku mengambil buku yg terjatuh. Ketika sedang melihat wajah laki-laki itu aku hanya bengong, perasaanku tidak karuan dan jantungku pun berdetak sangat kencang. Laki-laki itu memang sangat tampan. Didalam hatiku berkata “ya tuhan, inikah yang dinamakan jatuh cinta?”