Sabtu, 11 April 2020

TANGISKU BERAKHIR DENGAN KABAR GEMBIRA


Hari ini sabtu, 11 April 20 20. Sebenernya gua udh kepikiran buat nulis di blog ini dari beberapa minggu yang lalu tepatnya setelah pengumuman seleksi SNMPN. Pagi itu gua melakukan semuanya seperti biasa ;bangun pagi, chek hp, ngecas hp, kekamar mandi, sholat subuh lanjut beres beres rumah. Semua berjalan normal seperti yang biasa gua lakukan selama ini yaitu program “di rumah aja” untuk mendukung pemerintah dalam memutuskan rantai penyebaran virus corona. Menurut gua program ini bagus banget dan efektif juga untuk memperlambat penyebaran virus corona, kenapa? Karena virus ini gampang banget berpindah dari satu manusia ke manusia lainnya salah satunya dengan sentuhan telapak tangan, jika orang yang berjabat tangan dengan orang yang sudah positif terkena virus ini tidak sengaja menyentuh wajahnya atau mengelap matanya maka virus ini dapat dengan mudah masuk ke tubuh orang itu.

Ya pokoknya gampang menyebar deh, buktinya hingga hari ini menurut data SIG Covid-19 sudah ada 1.698.271 orang di belahan dunia yang sudah dikonfirmasi terkena virus corona, 376.669 orang diantaranya sudah sembuh dan 102.764 orang dinyatakan meninggal dunia. Jika sekarang kita melihat ke Indonesia sudah ada 3.512 orang yang dinyatakan postif yerkena virus corona, 282 oarang sembuh dan 306 oarang yang dinyatakan meninggal dunia.

ini nih ngeselin bgt kan, ga mikirin gimana nasip anak kos.

Dari adanya wabah ini banyak banget fenomena social yang terjadi terutama di Indonesia, gua kesel bgt sama orang-orang yang belanja banyak “panic buying” yang banyak dilakukan oleh masyarakan Indonesia umumnya masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas. Gua ngeliat banyak banget di postingan Instagram yang isinya orang-orang yang belanja banyak buat persiapan menghadapi virus ini, tapi gila aja ya belanjanya ga kiria-kira udah kaya persiapan buat berbulan-bulan, apa lagi yang dibeli itu indomie (makanan sejuta umat) semuanya diborong ga mikirin klo orang lain juga perlu, terutama buat orang-orang yang berpenghasilannya harian, yang klo hari itu di aga kerja ya hari itu juga dia ga makan, gua kasih contoh, tukang ojek, tukang parkir, penjual siomay, penjual batagor, penjual cilok, penjual lumbas, pokonya semuanya yang ada di depan pintu gerbang sekolah gua pas lagi jam pulang sekolah dah, mereka itu orang-orang yang berpenghasilan harian. Toh gua yakin juga orang-orang yang udah belanja banyak juga tetep masih keluar rumah karena kebutuhan manusia ada banyak jenisnya yang penting gunain sesuai porsinya jangan kebanyakan nanti malah mubazir loh.


Lanjut gua mau cerita tentang SNMPN jadi gua itu udah nyari tau tentang ini sebelum dikasih tau pada saaat jam BK di sekolah, gua udah shercing nyari tau kapan tanggal pendaftarannya, seleksinya gimana aja, politekniknya apa aja, ya pokoknya semua informasinya yang ada diSNMPN karena saat itu gua excaited banget buat masuk Politeknik karena yang ada dipikiran gua saat itu Politeknik itu kan 70% praktek dan 30% teori, nah itu kan tipe belajar gua bangt jadi gua berpikiran kayaknya gua cocok nih jadi mahasiswa di politeknik. Akhirnya mulai hari itu juga gua cari politeknik yang sesuai sama minat dan bakat gua. Gua udah positif thingking aja kalo gua itu pasti akan keterima di sana. Akhirnya pada saat pendaftaran ada 3 pilihan tuh jadi gua isi pilihan pertama politeknik Negeri semarang jurusan Administrasi Bisnis, pilihan kedia juga di politeknik Negeri sebarang tapi jurusannya Manajemen Pemasaran dan pilihan ketia gua tario di Politeknik Negeri Malang dengan jurusan Administrasi Bisnis.

Hari pun terus berlalu hingga pengumuman itu tiba, gua menunggu dengan cemas-cemas deg-degan, berhap klo mimpi gua kuliad di politeknik itu bias jadi kenyataan. Gua terus menunggu hingga pengumuman itu pun tiba, tepat tanggal 28 maret pukul 00.01 namun tiba-tiba gua jadi takut buat buka situs pengumumannya, saat itu jua temen gua udah ada yang posting di social medianya klo dia udah keterima. Gua pun semakin ngedown dan ga berani buat ngeliat pengumumannya. Waktu terus berjalan dan gua berpikir toh mau sekarang tau pun besok pengumumannya tetep sama, klo lolos ya lolos, klo ga lolos y aga lolos, ga bisa hoki-hokian menit keberapa kita bukanya nanti otomatis jadi warna ijo uang artinya lolos, itu ga mungkin.

Jadi mau gamau ya akhirnya gua buka juga tuh situs pengumumannya, dan ternyata dewi fortuna belom berpihak kepada gua, anjir tulisannya warna merah “Mohon maaf, anda belum lolos seleksi SNMPN 2020 Anda masih bias mencoba jalur selaksi lain seperti SBMPN atau seleksi mandiri politeknik. Tiba – tiba terasa nyesek gitu, ohh gini toh rasanya ditolak, gila sakit banget padahal ga berdarah. Saat itu juga gua ngerasain kecewa yang mendalam dan juga rasa frustasi yang ga karuhan. Pokonya gua kaya pengen ke kampusnya terus gua teriak “woiiii kenapa lu nolak gua anjiiii** salah gua apa, tolong jelasin semuanya, gua kecewa.”

Ga nembak tapi udah ditolak :v


Akhirnya gua cuma bias buat nenangin diri gua sendiri dan mencoba untuk memendam rasa kecewa ini. Supaya gua bias tidur tenang dan ga bangun kesiangan nnti pagi. Tapi ternyata gua tetep aja kesiangan dan telat buat sholat subuh, bonyok gua langsung nyeramahin gua selepas gua selesai sholat. Wahh gua coba nenangin diri malah dibakar lagi pake nasihat-nasihat baranya, ya tambah kesel lah gua. Akhirnya gua ngambek dah bodo amat gua di kamar aja tidur seharian sambil berharap klo rasa kecewa gua ini suatu saat akan menghilang dengan senririnya.

Beberapa hari pun berlalu gua mencoba untuk tidak menyerah dari hasil penolakan yang gua terima diSNMPN, gua harus coba peruntungan dengan cara lain karena gua percaya “banyak jalan menuju roma.” Pagi itu gua ambil sebuah buku note yang beberapa waktu lalu gua dapetin waktu ikut acara PTK Expo di Polbangtan Bogor, karena masih bersih banget belom ada coteran sedikitpun jadi gua coba mulai nulis dari halaman terdepan. Saat itu gua mulai dari mikirin apa aja minat dan bakat gua yang bisa gua sesuaikan di jurusan kuliah guan anti, gua tulis dah satu per satu ples gua tambahin sama sikap positif dan negatif yang melekat didiri gua.

Setelah gua tau dimana kemampuan gua, Langkah selanjutnya gua coma buat cari kampus-kampus yang bisa gua daftrain pake nilai raport, emang sih nilai raport gua ga tinggi-tibggi amat tapi gua tetep positif thingking aja klo gua pasti punya peluang yang sama untuk bisa kuliah. Nah setelah gua mencari dan terus mencari akhirnya gua menemukan beberpa Kampus yang menyediakan  jalur masuk melalui nilai raport, terus gua tulislah semuanya satu persatu, mulai dari tanggal pendaftarannya, syarat-syarat pendaftaran, berkas yang diperlukan, biaya pendaftaran, tanggal deadline pendaftaran, hingga uang semester yang harus gua bayar seandainya gua bisa diterima disana.

Setelah semuanya gua tulis rapih, gua coba deh masuk ke websitenya satu persatu buat coba ngisi formulir pendaftarannya. Yang pertama gua isi dalah pendaftaran di Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan karena udah lama juga gua tau kampus ini dari temen gua yang katanya sih lumayan bagus. Jadi mulai lah gua isi data diri gua, upload nilai raport dan juga sertifikat-setifikat prestasi yang salama ini udah gua dapetin selama SMA. Kalo ga salah waktu itu gua daftar di jurusan Manajemen Logistik buat pilihan pertama, dan Manajemen pemasaran buat pilihan kedua. Setelah semuanya lengkap tinggal klik Selesai dan akan muncul nomor rekening untuk biaya pendaftarannya. Gua juga daftar dengan cara yang sama di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kenapa? Karena awalnya gua itu suka banget sama suasana dan ketenangan yang gua bisa depetin selama liburan di Yogyakarta.


 tapi klo dipikir-pikir sayang duit ya kalo gua daftar banyak-banayak di kampus, toh saat itu gua udah nympen cadangan di SNMPTN, PBUSMAK UGM, dan juga PMDK UNS yang semuanya udah gua selesaiin pendaftaran dan pembayarannya sebelum pengumuman SNMPN itu. Gua mikir toh kan kalo misalnya gua diterima di beberapa kampus, gua juga cuma bisa kuliah di satu kampus, ga bisa gua kuliah di semuanya. Jadi gua putuskan buat transfer ke rekening pendaftrannya setelah pengumuman terdekat yaitu pengumuman SNMPTN karena ketika gua ditolak oleh satu kampus, gua bisa backup buat nambah cadangan PTN, Ya pokonya gitu lah strategi gua.